WartaKarawang.co.id

Lahirnya sang buah hati memang membawa kebahagian yang luar biasa bagi keluarga, apalagi bagi keluarga baru. Bersamaan dengan kebahagian tersebut, orang tua juga punya tanggung jawab untuk merawatnya. Nah bayi yang baru lahir membutuhkan perawatan yang cukup ekstra. Terutama bjika anak tersebut merupakan anak pertama dalam keluarga. Nah kalian ingin tahu cara merawat bayi baru lahir? Simak artikel ini sampai selesai!

  • Menggedong bayi yang benar

Bayi baru lahir belum memiliki otot leher yang kuat untuk menahan kepalanya sendiri, oleh karena itu seorang ibu atau ayah menggedongnya harus selalu memastikan untuk memegang leher bayi bagian belakang. Biasanya otot leher bayi baru bisa menopang kepalanya sendiri sekirang usia tiga bulan. Sebaiknya orang tua berkonsultasi dengan dokter jika leher bayi kalian belum bisa tegak saat menginjak usia lima bulan.

  • Menjaga kebersihan

Jaga kebersihan dengan selalu membersihkan tangan saat akan memegang atau menggendong bayi. Untuk menjaga kebersihan dari buah hati kalian, mandikan atau mengelap badan bayi sehari dua kali. Selain itu gunakan produk-produk bayi yang aman, dan pastikan kamar bayi bersih dan mendapatkan sirkulasi udara yang lancar. Untuk bayi yang masih memiliki tali pusar belum mongering, alangkah baiknya jangan dulu di mandikan, cukup di lap menggunakan air hangat saja.

  • Menjemur bayi

Cahaya matahari pagi memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi baru lahir. Contohnya untuk mengurangi kadar bilirubin dalam darah bayu, Bilirubin merupakan senyawa kekungingan yang terjadi di jalur katabolic alami. Dengan paparan sinar matahari maka hati bayi dapat memprosesenya dengan lebih cepat dan mudah. Pertumbuhan bilirubin yang tidak terkendali menyebabkan kulit bayi yang baru lahir akan terlihat menguning. Selain itu sinar matahari juga bagus untuk bayi karena memberikan vitamin D untuk bayi yang berguna dalam penyerapan kalsium, sehingga memperkuat tulang dan gigi. Sistem kekebalan tubuh bayi juga bekerja efesien berkat paparan sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *