KOPDAR Tri Wulan lll Melibatkan 27 Bupati/Walikota se-Jawa Barat

indonesiasatu, 26 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PANGANDARAN - Berdasarkan data tahun 2019, di Jawa barat ada 4.564 BUMDES. 596 BUMDES yang aktif kembali, 272 BUMDES yang baru dibentuk.

Demikian diterangkan gubernur Jawa barat Ridwan Kamil pada pidatonya di acara forum koordinasi penyelenggaraan pemerintahan daerah (KOPDAR) yang diselenggarakan di hotel pantai indah Pangandaran Kamis 26/9/2019. 

Dikatakan gubernur bahwa, di bidang kesehatan, Jawa barat membuat program" layad rawat," maksudnya memberikan pelayanan kesehatan dasar dengan metode "jemput bola"  yang diberikan secara langsung mendatangi pasien yang tidak mampu secara fisik.

Ada 1.076 pesantren yang lolos seleksi program pendampingan usaha, temu bisnis, pelatihan, pemagangan dan promosi product, one pesantren one product (OPOP) yang tujuannya membangun kemandirian pesantren melalui pemberdayaan ekonomi & sumber daya manusia. 

Memberikan akses kepada masyarakat desa melalui pembangunan jembatan gantung untuk meningkatkan konektivitas antar desa dengan program "jantung desa" jembatan gantung desa.

Selanjutnya gubernur menerangkan, ada 1000 patriot desa terpilih. Patriot bertugas membangun desa tujuannya meningkatkan kapasitas kelembagaan, masyarakat, sosial budaya dan pengembangan partisipasi masyarakat di desa." Programnya patriot desa."

Menerima 1697 beasiswa untuk 11 universitas terakreditasi, dan pemerintah provinsi Jawa barat bekerjasama dengan perguruan tinggi se-Jawa barat untuk memberikan beasiswa program S1, S2 dan S3.   (Jabar future leader's scholarship).

Ada 2.423 mesjid/mushola, 33.220 peserta kegiatan dari 27 kabupaten/kota, tujuannya menumbuh kembangkan budaya masyarakat Jawa barat dalam memakmurkan mesjid melalui pengajian bagi anak-anak dan remaja. Program (Maghrib mengaji)." terang gubernur.

Di 27 kabupaten,/kota ada 1500 hafidz terdaptar, dengan tujuan menempatkan satu hafidz di mesjid untuk mengajarkan ilmu agama membaca dan menghafal Al-Qur'an serta membantu DKM dalam pengelolaan masjid.

Di 27 kabupaten/kota ada 30 ulama lulus seleksi dan pelatihan dan 5 orang ulama diberangkatkan ke Inggris. Tujuannya untuk membangun dialog, toleransi, saling pengertian dan kerjasama antar umat Islam di Jawa barat dan umat lainnya di dunia.

Mulai tahun 2020 pendidikan tingkat SD, SLP dan SLA se jawa  barat, biaya pendidikannya digratiskan, " pungkasnya. (Anton AS).

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu